Kelurahan Kota Bengkalis Gelar Musyawarah Penatapan DTKS Tahun 2022

Kelurahan Kota Bengkalis - Pemerintah Kelurahan Kota Bengkalis, Senin 26 September 2022 menggelar musyawarah penetapan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022.


Musyawarah dipimpin langsung oleh Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si, menyampaikan hasil verifikasi dan validasi tim ke lapangan bersama RT, terhadap 1.359 jiwa atau 440 kepala keluarga (KK).


Tim menemukan 1.197 Jiwa atau 387 KK ditemukan dan masih dikatagorikan masyarakat dengan ekonomi yang kurang mampu, sedangkan 25 jiwa atau 17 KK tidak ditemukan, 46 jiwa atau 25 KK dengan keterangan pindah, 74 jiwa atau 21 KK yang sudah mampu, 17 jiwa sudah meninggal, lanjutnya usulan baru sebanyak 427 jiwa atau 127 KK dan penambahan anggota keluarga atau kececer sebanyak 116 jiwa atau 67 KK.


Jumlah data ini akan kami sampaikan ke Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis dengan melampirkan BNBA dan fotocopy KK nantinya,” ungkap Rizki


Musyawarah ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Penyuluh Sosial Firdaus, A.KS, M.Si.


Firdaus menyampaikan seberapa pentingnya DTKS ini bagi masyarakat pemerlu pelayanan, baik itu disegi bantuan sosialnya, Kesehatan dan Pendidikan.


Hendaknya data DTKS ini benar-benar diverifikasi oleh Kelurahan/Desa yang bersangkutan yang menjadi tanggungjawabnya dan diuji kelayakan dalam penerimaan bantuan, ujar Firdaus.


Musyawarah penetapan DTKS ini dihadiri seluruh RT, RW dan LPMK Kelurahan Kota Bengkalis serta turut hadir Sekretaris Kelurahan Ahmad Pirdaus, S.Sos, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Hamonangan S, Amd, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Sosial dan Budaya Maiyusra. SN, S.Sos, TKSK Kecamatan Bengkalis A. Razak dan Petugas Operator DTKS Kelurahan Kota Bengkalis Huda Rahmad.

Selanjutnya musyawarah menetapkan jumlah DTKS, sudah mampu, pindah dan meninggal serta data usulan setiap RT, dan selanjutnya RT menandatangani berita acara hasil musyawarah yang ditetapkan;

Nizami Resmi Ditetapkan Sebagai Ketua RT. 006 RW.003

Kelurahan Kota Bengkalis – Nizami ditetapkan sebagai Ketua Rukun Tetangga (RT) 006, Rukun Warga (RW) 003, Kelurahan Kota Bengkalis. Penetapan ini berdasarkan hasil musyawarah penetapan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua RT 006, Sabtu 24 September 2022 lalu.


Musyawarah dipimpin langsung Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si, menyepakati dan menetapkan Nizami sebagai Ketua RT.006 RW.003 sebagai PAW dari Ketua RT sebelumnya H. Suarno yang wafat belum lama ini.


Penunjukan Nizami dilakukan secara musyawarah dikarenakan selama waktu penerimaan pendaftaran selama 10 (sepuluh) hari hanya 1 (satu) orang yang mendaftar yaitu Nizami, lanjut Rizki panitia pemilihan menambah waktu selama 5 (lima) hari tidak ada juga yang mendaftar.


Berdasarkan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 23 Tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan, pemilihan pengurus RT dilaksanakan dalam musyawarah RT.


Musyawarah penetapan Ketua RT 006 RW 003 dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan, Ketua LPMK, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Turut hadir Sekretaris Kelurahan Ahmad Pirdaus, S.Sos, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Hamonangan S, Amd, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Sosial dan Budaya Maiyusra. SN, S.Sos

“Selamat dan tahniah kepada Nizami, selamat bergabung di Kelurahan Kota Bengkalis, selalu koordinasi serta sama-sama belajar baik sesama RT maupun dari pihak Kelurahan,” ungkap Rizki Subagia Effendi


UEK Tunas Muda Kelurahan Kota Bengkalis Raih Juara Terbaik Kedua Se Kabupaten Bengkalis

KELURAHAN KOTA BENGKALIS - Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) Tunas Muda Kelurahan Kota Bengkalis Kecamatan Bengkalis berhasil meraih juara terbaik kedua se-Kabupaten Bengkalis, penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Bengkalis di Duri, Selasa, 13 September 2022;

Meski UEK Tunas Muda Kelurahan Kota Bengkalis belum meraih juara pertama. Tapi kita patut berbangga telah mendapatkan terbaik kedua. Alhamdulillah, mudah-mudahan kedepan dengan adanya penghargaan ini dapat memotivasi pengelola UEK Tunas Muda dalam melayani dan menambah Program Perekonomian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan akan menjadi yang terbaik," ungkap Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si;

Untuk Terbaik Pertama UEK Perdana Mandiri Sejahtera (PMS) Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu dan Terbaik III UEK Bina Masyarakat Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau;


Rizki Subagia Effendi mengucapkan terima kasih kepada pengelola UEK Tunas Muda dan pemanfaat warga Kelurahan Kota Bengkalis yang sudah mempercayakan sebagai mitra perekonomian masyarakat dalam mengembangkan UMKM di wilayah Kelurahan Kota Bengkalis, tutup rizki

Tujuh Utusan Kelurahan Kota Bengkalis Ukir Prestasi pada MTQ Kecamatan

KELURAHAN KOTA BENGKALIS – Sebanyak tujuh utusan dari kafilah Kelurahan Kota Bengkalis mengukir prestasi pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 Tingkat Kecamatan Bengkalis. 

“Meski kafilah Kelurahan Kota Bengkalis belum meraih juara umum. Tapi kita patut berbangga karena tujuh anak-anak terbaik kita mampu mengukir prestasi. Alhamdulillah, mudah-mudahan kedepan ditinggalkan lagi,” ungkap Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si, Senin 12 September 2022.

Perhelatan MTQ ke-54 resmi ditutup oleh Camat Bengkalis Ade Suwirman, S.STP, M.AP, Minggu malam, 11 September 2022

Adapun utusan Kelurahan Kota Bengkalis yang meraih prestasi yakni, M. Rasya Alfarabi Mega juara terbaik I dari cabang tilawah anak-anak putra. Iskandar, S.PdI juara terbaik III dari cabang tilawah dewasa putra,

Deska Putri juara terbaik II cabang tilawah dewasa putri. Iskandar juara terbaik II dari cabang Qiroat Mujawwad dewasa putra.

Kemudian Moh. Afif Naufal juara Harapan III dari cabang tilawah remaja putra. Mahfudin Effendi Juara Harapan III dari cabang Qiroat Muratal remaja putra, dan Farassah Ramadhani juara terbaik III dari cabang tahfiz 20 juz putri


Pada perhelatan MTQ tingkat kecamatan yang dipusatkan di kantor camat, kafilah Kelurahan Kota Bengkalis mengirim 12 Kafilah putra dan putri yang mengikuti berbagai cabang yang dipertandingkan.

Mereka adalah M. Naufaldi Abror cabang tartil anak-anak putra, Najiha Alilah Bariza cabang tartil anak-anak putri, M. Rasya Alfarabi Mega cabang tilawah anak-anak putra, Siti Mutya Fatiha cabang tilawah anak-anak putri, Moh. Afif Naufal cabang tilawah remaja putra, Naziela Salsabila cabang tilawah remaja putri.

Selanjutnya Iskandar, S.PdI cabang tilawah dewasa putra, Deska Putri cabang tilawah dewasa putri, Iskandar cabang Qiroat Mujawwad dewasa putra, Nurlela cabang qiroat muratal dewasa putri, Mahfudin Effendi cabang qiroat muratal remaja putra dan Farassah Ramadhani dari cabang tahfiz 20 juz putri.

Lurah Kota Bengkalis mengucapkan selamat atas juara yang diraih semoga untuk kedepannya agar dapat ditingkatkan lagi.

“Terima kasih kepada opiceal dan guru ngaji yang telah mengabdi untuk mengajar anak-anak mengaji dan bisa mengikuti MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis dan mendapatkan Juara,” tutup Rizki.

Kelurahan Kota Bengkalis Turunkan Tim Verifikasi DTKS

KELURAHAN KOTA BENGKALIS – Untuk verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS). Tim Kelurahan Kota Bengkalis turun langsung untuk melihat kondisi rumah warga.

"Kita sudah membentuk tim verifikasi dan validasi DTKS. Alhamdulillah, beberapa hari ini tim sudah turun ke lapangan," ungkap Lurah Kota Bengkalis, Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si


Tim dibagi dalam empat kelompok, tim pertama diketuai langsung Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si Kemudian tim kedua diketuai Sekretaris, Ahmad Pirdaus, S.Sos tim ketiga diketuai Kepala Seksi Tata Pemerintahan Hamonangan. S, Amd dan tim keempat diketuai  Kepala Seksi Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Sosial dan Budaya Maiyusra.SN, S.Sos


Diterangkan Rizky, wilayah Kelurahan Kota Bengkalis terdiri dari 3 RW dan 16 RT dengan jumlah data di DTKS sebanyak 1.359 Jiwa atau 440 Kepala Keluarga.

Tim verifikasi didampingi masing-masing RT/RW dalam melakukan verval ke rumah warga untuk melihat masih layak atau tidaknya warga yang terdaftar dalam DTKS.

Jika di lapangan ditemukan warga dengan kondisi ekonominya tidak mampu, maka tim berserta RT/RW bisa mengusulkan data warga tersebut dengan foto rumah tanpak depat dan copyan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat untuk mengajukan usuluan baru.

Turnamen Futsal Antar RT se-Kelurahan Kota Bengkalis Resmi Berakhir, Berikut ini Nama-nama Juara

KELURAHAN KOTA BENGKALIS – Turnamen Futsal antar RT se-Kelurahan Kota Bengkalis resmi ditutup oleh Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi, S.STP, M.Si Sabtu malam, 4 September 2022.


Berikut nama-nama juara turnamen futsal antar RT se Kelurahan Kota Bengkalis tahun 2022.

Juara I dari RT.006/RW.003, Juara II dari RT.001/RW.003, Juara III dari RT.002/RW.003 Fool A dan Juara ke IV dari RT.002/RW.003 Fool B

Sedangkan Top Score diraih oleh Hafis utusan dari RT.006/RW.003 sebanyak 5 Gol, Best Player diraih oleh Raka dari RT.002/RW.003 dan Best Kipper diraih oleh Hanif dari RT.001/RW.003.


Penutupan Turnamen ini juga disaksikan Babinkantipmas Kelurahan Kota Bengkalis Deri, Babinsa Kelurahan Kota Bengkalis Pelda Rudiantho, Ketua TP PKK Kelurahan Kota Bengkalis Putri Kadariah, S.Pd, Sekretaris Kelurahan Kota Bengkalis Ahmad Pirdaus,S.Sos dan Ketua Karang Taruna Kelurahan Kota Bengkalis Ahmad Huda serta seluruh RT, RW dan LPMK Kelurahan Kota Bengkalis.

Lurah Kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi sangat mengapesiasi seluruh panitia pelaksana, pelaksanaan turnamen futsal ini berjalan baik dan lancar. Berkat kerjasama seluruh panitia, para juri serta seluruh pemain dalam menjaga sportifitas dalam pertandingan.

“Atas nama pemerintah Kelurahan Kota Bengkalis, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan turnamen ini,” ungkap Rizki.

Lebih lanjut Rizki mengungkapkan momentum turnamen tidak semata-semata hanya mengejar gelar juara semata. Namun di sebalik itu, ada nilai penting yang dapat dipetik seluruh pemain, yakni kesetiakawanan dan sportivitas. Tak kalah penting, menjadi ajang pembinaan bagi generasi muda ke arah kegiatan positif;


Lewat Program Bermasa, Kelurahan Kota Bengkalis Gelar Turnamen Futsal Antar RT

KELURAHAN KOTA BENGKALIS  - Karang taruna Kelurahan Kota Bengkalis menggelar turnamen futsal yang diikuti antar RT se-Kelurahan Kota Bengkalis Jumat, 2 September 2022.

Bertempat di lapangan planet futsal Bengkalis, pertandingan tersebut dibuka langsung Camat Bengkalis Ade Suwirman ditandai dengan tendangan bola petama.

Terdapat 10 tim yang mengadakan turnamen selama dua hari mulai tanggal 2 hingga 3 September 2022 ini.

Dalam sambutannya, Lurah kota Bengkalis Rizki Subagia Effendi menyebut terselenggaranya kegiatan ini berkat program bermarwah, maju dan sejahtera (Bermasa) Pemerintah Kabupaten Bengkalis yakni 1 milyar 1 desa 1 kelurahan.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pemkab Bengkalis atas gelontoran dana untuk setiap kelurahan/desa di Kabupaten Bengkalis sehingga sejumlah kegiatan dapat diselenggaran di kelurahan kota," ujar Rizki.

Lurah Rizki menyebut, selain turnamen futsal, kelurahan juga menggelar pelatihan, salah satunya pelatihan serta magrib mengaji.

"Kegiatan turnamen ini mencari bibit unggul dibidang futsal yang nantinya akan diikut sertakan dalam turnamen tingkat kecamatan," pungkasnya.

Sementara lainnya digelar dalam rangka mensejahterakan masyarakat sekitar agar unggul diberbagai bidang.

Sementara Camat Bengkalis Ade Suwirman memberikan dukungan atas terselenggaranya turnamen futsal di kelurahan kota.

Ade menilai Kelurahan Kota mampu memanfaatkan dana 1 milyar 1 desa 1 kelurahan untuk hal yang layak manfaat.

"Tahun depan Kecamatan Bengkalis akan menggelar turnamen, kami harap melaui turnamen tingkat Kelurahan Kota ini mampu mengirimkan pemain terbaik yang akan merebut piala kecamatan nanti," ujar Ade.

Diakhir sambutannya Camat Ade mengingatkan peserta untuk olahraga dalam bertanding serta mengikuti aturan wasit dan panitia. 

Turut terlihat dalam pembukaan turnamen futsal tersebut Ketua Karang Taruna Kelurahan Kota, Bhabinkamtimas, sejumlah RT serta masyarakat yang menyaksikan turnamen. #SUMBER DISKOMINFOTIK