Kelurahan Kota Bengkalis Raih Terbaik Kedua se-Provinsi Riau

Ditulis oleh Admin Web pada 11 Juli 2023
Keterangan :

KELURAHAN KOTA BENGKALIS – Kelurahan Kota Bengkalis, Kecamatan Bengkalis meraih prestasi gemilang pada ajang penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau. Pada ajang ini, Kelurahan Kota Bengkalis dinobatkan sebagai Kelurahan Terbaik Kedua di Bumi Lancang Kuning.

Penetapan sebagai kelurahan terbaik se-Provinsi Riau ini berdasarkan Keputusan Gubernur Riau Nomor : Kpts.801/VI/2023 tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 yang ditandatangani Gubernur Riau Syamsuar tanggal 27 Juni 2023. Pengumuman penetapan keputusan Gubernur disampaikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur dengan Bupati/Walikota serta Camat se-Provinsi Riau, Senin, 10 Juli 2023 kemarin.

Pada ajang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau ini yang mengusung tema Desa dan Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh, perwakilan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini selain Kelurahan Kota Bengkalis juga turut masuk nominasi Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis. 

Lurah Kota Bengkalis Mohammad Fadli, mengaku senang atas penghargaan terbaik kedua di level Provinsi Riau. Perolehan prestasi ini tentu akan menjadi motivasi besar bagi seluruh elemen di jajaran Kelurahan Kota Bengkalis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, kita mampu mengukir prestasi sekaligus mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis di level Provinsi. Prestasi ini, menjadi tantangan dan motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan publik,” ungkap Fadli.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jajaran Kelurahan Kota Bengkalis terus berinovasi. Menurut Fadli, inovasi yang telah dilakukan meliputi pelayanan berbasis elektronik yang dikenal dengan Simpel (Sistem Pelayanan) Kelurahan Kota Bengkalis, inovasi Girem (Griya Remaja) dan inovasi trantip URC Penanganan ODGJ.

Inovasi Simpel ini berhubungan pelayanan permohonan surat warga. Dimana, warga yang hendak mengurus surat dokumen, tidak langsung datang ke kantor, namun cukup mengisi fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi, maka langsung dilayani oleh petugas kelurahan.

Inovasi Girem, berupa layanan bidang sosial, sebagai wadah penyebarluasan informasi dan media konseling tentang seputar permasalah remaja. Wadah ini berfungsi menampung curhat dari remaja. Sedangkan inovasi URC ODGJ, yakni satuan tim penanggulangan keamanan tertib dalam penanganan ODGJ yang meresahkan warga. 

Dikatakan Fadli, selaras dengan visi kabupaten, yakni mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa), maka kelurahan Kota Bengkalis terus berupaya memberikan terbaik kepada masyarakat. 

Seperti diketahui pada lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau, nama-nama desa dan kelurahan yang mendapat posisi terbaik, yakni Kota Mesjid Kabupaten Kampar sebagai juara pertama, kemudian posisi kedua Seresam (Indragiri Hulu) dan posisi ketiga Pematang Tinggi (Pelalawan). Sedangkan kategori kelurahan, posisi pertama Kelurahan Laksamana (Dumai), posisi kedua Kelurahan Kota Bengkalis (Bengkalis) dan posisi ketiga Tebing Tinggi Okura (Pekanbaru).