Seksi Tata Pemerintahan

Ditulis oleh Admin Web pada 17 Agustus 2022

TUGAS POKOK

Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas mambantu Lurah dalam menyiapkan bahan-bahan bimbingan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta layanan dibidang tata pemerintahan Kelurahan dan pertanahan serta kependudukan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

FUNGSI

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan dengan sumber data yang ada, sesuai dengan kebijakan dan perturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Seksi Tata Pemerintahan sebagai pedoman dan landasan kerja;
  3. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mensistemasikan dan mengolah data serta menganalisa data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Seksi Tata Pemerintahan sebagai kerangka acuan/pedoman penyusunan rencana kegiatan;
  4. Merumuskan dan melaksanakan pengumpulan, penghimpunan dan pengolahan data dan informasi yang berhubungan dengan Seksi Tata Pemerintahan;
  5. Merumuskan dan melaksanakan inventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan Tata Pemerinatahan serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  6. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis hubungan koordinasi dan kerjasama antar pimpinan pemerintahan dan lembaga terkait lainnya dalam Kelurahan;
  7. Merumuskan dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan petunjuk teknis pembinaan adminstrasi pemberian rekomndasi Izin Mendirikan bangunan (IMB);
  8. Menyelenggarakan pembinaan keagrariandan pemberian surat keterangan yang berhubungan dengan pertanahan;
  9. Melaksanakan pendataan, pembinaan serta pemberian Rekomnedasi dan Surat Keterangan dibidang Kependudukan, seperti Surat keterangan Domisili, rekomendasi Pasport dan lainnya;
  10. Menyelenggarakan pembinaan keagrarian dan pmeberian surat keterangan yang berhubungan dengan pertanahan;
  11. Melaksanakan penyelasaian sengketa tanah dan tapal batas di wilayah Kelurahan;
  12. Melaksanakan pembinaan politik dalam negeri di wilayah Kelurahan;
  13. Melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan pemilihan pengurus Rukun Tentangga (RT) dan Rukun Warga (RW);
  14. Melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerinatahan di Tingkat Kelurahan;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Lurah sebagai bahan masukan untuk penentuan kebijakan lebih lanjut;
  16. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan sesuai dengan sumber daya yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan;dan
  17. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Kelurahan.

Bagikan ke :